Akhirnya... Hasil KPU Pilpres 2024 Akan Segera Diumumkan Hari Ini
Sumber: detik.com

News / 20 March 2024

Kalangan Sendiri

Akhirnya... Hasil KPU Pilpres 2024 Akan Segera Diumumkan Hari Ini

Claudia Jessica Official Writer
1288

Hasil perhitungan pemungutan suara pemilu 2024 yang dilakukan pada 14 Februari lalu akhirnya mendekati final. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan segera mengumumkan hasil KPU pilpres 2024 pada hari ini Rabu (20/03).

Proses rekapitulasi hasil KPU Pilpres 2024 telah ditetapkan dengan tenggat waktu tingkat nasional yang habis pada hari ini. Batas waktu tersebut dijelaskan dalam Pasal 413 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Sejauh ini, KPU RI telah menyelesaikan proses rekapitulasi di tingkat nasional untuk 36 dari 38 provinsi. Yang tersisa adalah Provinsi Papua dan Papua Pegunungan, yang dijadwalkan untuk diselesaikan pada hari ini.

Hasyim Asy'ari, Ketua KPU RI, mengungkapkan harapannya agar proses rekapitulasi dua provinsi yang tersisa dapat berlangsung lancar agar hasil pemilihan secara nasional bisa diumumkan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Hasyim menjelaskan bahwa setiap provinsi akan melakukan pengumuman tiga jenis pemilihan, yaitu Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Umum Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Pemilihan Umum Dewan Perwakilan Daerah (DPD) selama proses rekapitulasi.

“Moga-moga bisa lancar dan tepat waktu, sehingga kita masih bisa menetapkan hasil pemilu secara nasional atau pada tingkat nasional sesuai dengan kerangka waktu yang ditentukan Undang-undang, yaitu dalam durasi paling lama 35 hari setelah hari pemungutan suara dan itu bertepatan dengan tanggal 20 Maret 2024,” jelas Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, pada malam Selasa (19/3).

Hingga saat ini, pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, tercatat unggul di 34 provinsi.

Sementara itu, pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), unggul di 2 provinsi.

Namun, pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, belum berhasil meraih kemenangan di provinsi mana pun.

Sumber : CNN Indonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami